banner 728x250

Andrille Martin Hadiri Melemang Petikan Sekaligus Grand Opening Tournament Futsal dan Volly Ball Atung Bungsu Desa Seleman Tanjung Agung

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Tanjung Agung Intensnews.co.id Dalam Rangka Melemang Petikan Tahun 2022 Desa Seleman Menggelar Grand Opening Tournament Futsal dan Volly Ball Atung Bungsu Event 3 bertempat di Lapangan Desa Seleman Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Selasa (19/07/2022).

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Hadir dalam acara Pj. Bupati Muara Enim diwakili Kepala Dinas Dukcapil Muara Enim Drs. Risman Effendi, Kadispor Muara Enim, Camat Tanjung Agung Sahlan Akil, Camat Lawang Kidul Andrille Martin, Polsek Tanjung Agung, Sekcam, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa, Kadus, CSR PT. Bukit Asam Tbk Listati, PT. BSP Filliandri, PT. BAK, PT. BPM, PT. PGU, Plumeria Ecopark, PBVSI Kabupaten Muara Enim, Ketua Adat Desa Darmo Dedi Sigarmudin, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Sumbay Atung Bungsu, Wasit Pertandingan, Karang Taruna dan Masyarakat Sekitar.

Dalam sambutannya Ir. H. Khairan selaku Kepala Desa Seleman mengucapkan terima kasih kepada semua para undangan.

Selanjutnya Kepala Desa Seleman menyampaikan bahwasannya, “Tournament event 3 Atung Bungsu ini yang dikaitkan dengan Melemang Petikan yang bersamaan dengan perayaan 17 Agustus, dulu setiap akan menebas atau akan berkebun pasti diadakan melemang,” ucapnya.

“Melemang Petikan ini sama dengan Cacah Jiwa atau Sensus Penduduk, dimana setiap jiwa didalam satu keluarga adalah satu batang lemang, jadi zaman dahulu nenek moyang kita sudah melakukan sensus penduduk,” tuturnya.

Event ini merupakan yang ke 3 kali, saya apresiasi sekali Karang Taruna Desa Seleman yang begitu kreatifnya, dan ini murni ide kreatif dari Karang Taruna Desa Seleman,” ucapnya.

Pertandingan ini merupakan Ajang silaturahmi pasti ada yg menang dan kalah oleh karena itu saya tekankan peserta futsal dan volly ball menang kalah adalah biasa yang saya inginkan sebagai Kepala Desa adalah jalinan silaturahmi antara anak-anak muda ini supaya tidak melenceng dari kegiatan-kegiatan yg tidak diinginkan,” ungkap Kades Seleman.

Hari ini adalah pembukaan Besok akan dilanjutkan pertandingan, untuk itu kepada Bapak Bupati yang diwakili Bapak Drs. Risman Effendi untuk membuka acara ini,” ungkap Kades mengakhiri.

Sebelum menyampaikan sambutan Risman Effendi menyampaikan permohonan Maaf Bapak Pj. Bupati tidak bisa hadir dan titip salam selamat mengadakan Sedekah Dusun Melemang Petikan dan sekaligus diikuti dengan kegiatan pertandingan Olahraga.

Pj. Bupati Muara Enim Kurniawan, AP. M.Si diwakili oleh Kepala Dukcapil Kabupaten Muara Enim Drs. Risman Effendi, M.Si bersama Kadispora Muara Enim dalam sambutannya menyampaikan, “Alhamdulillah kita bersama-sama disini dalam rangka mengikuti suatu kegiatan adat yang Insya Allah adat ini dapat terus kita bina dan kembangkan sehingga tidak hilang begitu saja,” ucapnya

Bahwa budaya adat itu sangat mempunyai nilai, sangat mempengaruhi kehidupan kita banyak hal yang diselesaikan oleh adat istiadat, banyak sengketa apakah itu perdata atau unsur pidana itu bisa kita selesaikan dengan adat, jadi begitu besar nilainya dikehidupan khususnya ditingkat desa,” urainya.

Selanjutnya Risman Effendi mengatakan, “Alhamdulillah kegiatan adat ini masih bisa kita saksikan bersama dengan dilanjutkan dengan kegiatan Karang Taruna berupa Pertandingan Volly Ball dan Futsal, kami atas pemerintah kabupaten mengucapkan Apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemuda dan Pemudi Desa Seleman, ini merupakan gambaran bahwa Desa Seleman ini tetap mempunyai semangat dibawah Pimpinan Kepala Desa Bapak Ir. Khairan,” tuturnya

“Kami mewakili pemerintah Kabupaten Muara Enim, kami ucapkan selamat kepada Pemerintah Desa Seleman atas kegiatan Sedekah Dusun Melemang Petikan dan sekaligus pembukaan Tournament Futsal dan Volly Ball, mari kita sama sama ucapkan Basmallah kita buka kegiatan Grand Opening Tournament Futsal dan Volly Ball dalam rangka Melemang Petikan Desa Seleman Kecamatan Tanjung Agung, “Bismillahirrahmanirrahim”,” ujar Risman Effendi.

Ditempat yang sama Camat Lawang Kidul saat dibincangi awak media mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Adat Melemang Petikan yang diselenggarakan oleh Desa Seleman.

“Atas undangan yang telah diberikan, dan adik-adik Karang Taruna juga termasuk seluruh Anak dan Cucu dari Puyang Atung Bungsu saya sebagai undangan mengucapkan terima kasih atas undangan untuk ikut Melemang Petikan di Desa Seleman sekaligus ikut melakukan Pemukulan Volly Ball pertama bersama Kadin Dukcapil yang mewakili Pj. Bupati Muara Enim bersama Kadispora Muara Enim,” tutur Andrille

Selanjutnya Andrille Martin menambahkan, “Smoga acara sukses dan lancar, untuk adat budaya harapannya agar tetap dilestarikan, yang dicontohkan dengan Melemang Petikan di Desa Seleman ini yang merupakan Marga Eks Lawang Kidul, tetapi secara kewilayahan adalah Tanjung Agung, untuk budaya adat istiadat tetap sebagai Marga Eks Lawang Kidul,” pungkasnya.( Mery )

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page