banner 728x250

Setelah Dua Tahun mengidap Penyakit Akhirnya Bonadi di Rujuk Kerumah Sakit.

Sumpah Pemuda  
Selamat Natal Dan Tahun Baru  

 

Muar enim-Intensnews.co.id-Selama lebih kurang 2 Tahun, Bonadi (52) warga Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan menderita penyakit aneh, tangan dan kaki selalu bergerak tiada henti henti. Selasa (23/8/2022),

Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, dengan dibantu oleh Bidan dan Pemerintah Desa Segayam, Bonadi pun di bawah ke Puskesmas Gelumbang,untuk pemeriksaan penyakit yang dideritanya selama ini.

Setelah menjalani pemeriksaan oleh Dokter Umum Puskesmas Gelumbang, Bonadi diagnosa sementara menderita Penyakit Parkinson dan Hipertensi, maka untuk penanganan lebih lanjut, Bonadi pun di rujuk ke Poli syaraf RS Bunda Prabumulih untuk penanganan yang lebih serius

Kepala UPTD Puskesmas Gelumbang, Fitri Sujariah SST, M.Kes, yang sempat dibincangi awak media baru, menjelaskan, bahwa keterangan Bonadi (52) saat dibawa ke Puskesmas Gelumbang, Bonadi menjelaskan Riwayat penyakitnya lebih kurang sudah 4 Tahun, selama ini dia berobat rutin secara tradisional, dan katanya pernah satu kali berobat ke Puskesmas, sekitar 2 Tahun yang lalu.

Masih kata Fitri, hari ini Bonadi kita bawa ke Puskesmas Gelumbang, yang di dampingi oleh Bidan Desa, untuk di lakukan pemeriksaan, saat diperiksa oleh Dokter Umum Puskesmas Gelumbang, dengan TD 216/112 mmHg, Nadi 105 x/m, dan Diagnosa medis terkena Parkinson dan Hipertensi.

Karena ini menyangkut dengan syaraf jadi Bonadi dirujukan ke poli syaraf RS. Bunda Prabumulih dan tetap di dampingi Bidan Desa, untuk di lakukan pengobatan lebih lanjut, ujar Fitri Sujariah.

Kepala UPTD Puskesmas Gelumbang, Fitri Sujariah SST, M.Kes, menjelaskan sedikit tentang Parkinson, yaitu Parkinson adalah penyakit degeneratif yang menyerang otak dan umumnya terjadi pada usia lanjut atau di atas 60 tahun, penyebab Parkinson hingga saat ini belum diketahui pasti.

Parkinson menyerang sel saraf di otak yang bernama basal ganglia, Sel ini berfungsi untuk mengontrol gerakan tubuh, Sel tersebut pun membutuhkan neurotransmitter dopamine dan acetylcholine dalam jumlah seimbang untuk memberikan sinyal ke Sel yang mengontrol gerakan tubuh.

Kekurangan dopamin di otak itu menyebabkan pasien Parkinson mengalami gangguan gerak seperti tremor atau gemetar. Selain gemetar, gejala Parkinson juga bisa berupa kekakuan sendi hingga gangguan postur tubuh, tutur Fitri

Laporan Mery R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page