banner 728x250

Lakukan Kunjungan Kerja Perdananya, Pria Wibawa: Lapas Kelas IIB Ketapang Over Kapasitas dan  Kondisinya Sangat Memprihatinkan

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Ketapang. Kalbar – Intensnews.co.id. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Barat Pria Wibawa hari ini Rabu (7/9/2022 ) melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ketapang Kalimantan Barat, tepatnya dijalan S. Parman. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerja Perdana Kakanwil ke Lapas Kelas IIB ketapang, sebelumnya Pria Wibawa juga telah melakukan kunjungan kerja ke Lapas Singkawang dan  Sambas.

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Pada kunjungan tersebut Kakanwil Pria Wibawa juga yang juga didampingi Kdivpas menkumham Kalbar Ika  Yusanti disambut langsung oleh Kalapas Ketapang Ali Imran beserta jajaran, dengan diawali laporan petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) yang melaporkan kondisi dan isi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Setelah laporan petugas P2U.

Selanjutnya, Kakanwil juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Lapas ketapang untuk  meningkatkan sumber daya manusia unggul. Seluruh petugas junior, senior, staf, atau petugas jaga agar terus meningkatkan knowledge serta mengubah pola pikir dalam bekerja sehingga mampu bersaing dalam era perkembangan teknologi saat ini.

“Seluruh jajaran harus bekerja dengan baik, pakai hati nurani, terapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Undang-Undang Pemasyarakatan, jalankan tugas dan fungsi  masing-masing, serta hindari hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan diharapkan pegawai lapas  dapat memberikan contoh yang baik kepada warga binaan” kata Pria Wibawa berpesan

Pada saat melakukan pengecekan, langsung sarana dan prasarana dalam lapas ketapang,  Pria Wibawa  juga menyampaikan pesan kepada semua warga binaan  bahwa perbanyak ibadah sesuai keyakinan dalam menjalani pidana, taati setiap peraturan dalam lapas, patuhi petugas, tingkatkan kebersihan baik kamar, blok bahkan lingkungan dalam Lapas serta jauhi narkoba dan sebaiknya mengikuti setiap program pembinaan kemandirian sebagai bekal kelak jika bebas sebagai tujuan pemasyarakatan.

Saat diwawancarai oleh awak media, Kakanwil yang didampingi Kadivpas kalbar menyampaikan bahwa kunjungannya ke lapas ketapang bertujuan melihat kepastian kindisi lapas ketapang. Yang mana menurut nya lapas ketapang over kapasitas sehingga sangat tidak memadai. Namun dikarenakan tugas dan tanggung jawab dari Negara kita tidak boleh mengeluh, hal itu ditandai dengan petugas dan pejabat lapas kelas IIB Ketapang yang selalu konsisten dalam menjalankan tugas dan misi. Begitu juga dari segi keamanannya cukup baik.

“Kita melihat kondisi lapas ketapang over kapasitas jadi sangat-sangat tidak memadai, tapi meski ada kekurangannya kita tetap bekerja secara maksimal, bisa kita buktikan meskipun kondisi lapas layoutnya sangat kecil pejabat dan petugas lapas nya tetap bekerja secara konsisten untuk menjaga misi” ucap Pria Wibawa

Dalam kunjungan kerjanya ke lapas ketapang pihaknya juga membawa tim dari P2L dan Konsultan guna membuatkan gambar kondisi lapas ketapang yang paling sangat memprihatinkan di Kalbar, sehingga akan menjadi prioritas utama untuk diusulkan ditingkat pusat mulai dari renovasi hingga penambahan kapasitas lapas.

“Lapas ketapang akan menjadi prioritas utama dari kami untuk diusulkan ditingkat pusat, baik renovasi bangunan hingga penambahan kapasitas lapas. Mudah mudahan tahun depanbsudah bisa terlksana” pungkas Pria Wibawa.***(jk)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page