banner 728x250
Jember  

Pemkab Jember Kembali Laksanakan Rapat Satu Data Indoneaia, Sekda; Terdapat 3 Poin Dari Sebuah Organisasi

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Jember. Jawa Timur – Intensnews.co.id. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Jawa Timur melalui Dinas Kominfo kembali melaksanakan rapat Sinkronisasi Satu Data Imdonesia Pada Selasa (13/9/2022) di Loby Bupati Pemkab Jember.  Rapat kali ini dilaksanakan sebagai<span;> tindak lanjut dari pertemuan rapat koordinasi pada 8 Juli lalu.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir. Mirfano. Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  Muhammad Zamroni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan  dr. Hendro Soelistijono,MM.,MKes, Asisten Administrasi Umum Ir. Widodo Julianto dan Seluruh Kepala OPD terkait.

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Dalam arahannya Sekda Ir. Mirfano memberikan beberapa poin penting sebagai arahan dalam mewujudkan Satu Data Indonesia Kabupaten Jember. Mirfano mengungkapkan pengembangan teknologi digital saat ini sangatlah cepat. Oleh karenanya, validasi data menjadi hal yang terpenting untuk menjadikan Satu Data Indonesia.

“Terdapat 3 poin dari sebuah organisasi. Pertama yaitu data. Data tidak bisa dianggap sepele. Data itu sangatlah penting jadi harus dikelola secara khusus dan valid. Kita jadikan data sebagai alat untuk mengambil sebuah keputusan. Kedua yakni Inovasi, organisasi akan berjalan dengan mudah dengan terus adanya inovasi. Disini, pemikiran fleksibel yang bisa beradaptasi dan berkolaborasi dengan perubahan informasi sangat dibutuhkan. Dan yang ketiga adalah humanis. Humanis disini adalah empati. Hal ini menjadi penting untuk mengetahui apa yang di butuhkan oleh orang yang kita layani. Dari tiga poin diatas semuanya berawal dari sumber data,” pungkas Mirfano.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandy., S. STP mengungkapkan rapat sinkronisasi ini sebagai upaya optimalisasi perwujudan Satu Data Indonesia Kabupaten Jember melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Seperti halnya yang telah kita ketahui bahwasanya saat ini Pemerintah Kabupaten Jember mengupayakan  dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui layanan SPBE.

Bobby menuturkan  tata kelola pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Jember ini untuk mendukung kebijakan satu data Indonesia sesuai Peraturan Presiden  Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia dan Peraturan bupati Jember Nomor 9 Tahun 2022 tentang Satu Data Indonesia Kabupaten Jember.

“Jadi memang harus ada pertemuan lagi terkait dengan penyamaan  data sekaligus evaluasi hasil rapat siang ini. Semoga dengan pertemuan ini para operator maupun kepala OPD bisa segera mengupdate data yang belum terupdate maupun belum terisi. Masih ada tahapan berikutnya bersama dengan tim Satu Data Indonesia,” tandas Bobby. ***(jok)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page