banner 728x250
TNI  

Menjelang  HUT TNI ke 77,  Farhan Buka Kejuaraan Sumpit Dandim CUP

Sumpah Pemuda  
Selamat Natal Dan Tahun Baru  

Ketapang. Kalbar – Intensnews.co.id. Menjelang HUT Ke-77 Tentara Nasional Indonesia, Kodim 1203/Ktp menggelar berbagai rangkaian kegiatan salah satunya “Kejuaraan Sumpit Dandim Cup Tahun 2022” yang di laksanakan di Lapangan Makodim 1203 Ketapang, Sabtu (24/9/2022)

Kejuaraan Sumpit Dandim Cup Tahun 2022 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ketapang H. Farhan SE., M.si., dalam sambutanya beliau menyampaikan, Sumpit merupakan senjata khas Kalimantan yang merupakan warisan masyarakat dayak berupa senjata khas yang dulunya digunakan untuk berburu binatang dan alat pertahanan diri, dikenal sebagai alat kelengkapan para ksatria.

Seiringnya waktu, sumpitan tidak lagi digunakan sebagai senjata tradisional, melainkan telah diangkat menjadi salah satu jenis permainan tradisional dan sudah tercatat di Kemendikbud Republik Indonesia sebagai warisan budaya,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Ketapang menyambut baik dan mendukung secara penuh diselenggarakannya kejuaraan sumpit ini, besar harapan agar kejuaraan ini dapat meningkatkan kepedulian, kecintaan dan kesungguhan serta kebanggan pada
olahraga-olahraga tradisional, dengan demikian olahraga ini tidak akan punah dan terus terjaga sebagai sebuah aset budaya.

Pada Kesempatan tersebut Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, S.E., M.Si., juga mengucapkan Dirgahayu Ke-77 Tentara Nasional Indonesia Tahun 2022, semoga TNI terus maju, profesional dan selalu bersama dengan rakyat serta menjadi garda terdepan penjaga kedaulatan NKRI. ” TNI Adalah Kita”, tutupnya.

Sementara itu Dandim 1203/Ktp Letkol Inf Alim Mustofa Kejuaraan Sumpit Dandim Cup Tahun 2022 ini bekerjasama dengan Dispora Ketapang serta Lanal Ketapang,”ungkapnya.

Beliau juga mengatakan Kejuaraan sumpit tradisional merupakan salah satu wujud melestarikan budaya bangsa, menjadikan olah tradisional sebagai alat pemersatu bangsa sehingga menjadi identitas bangsa yang berskala internasional, Tentunya hal ini sejalan dengan fungsi utama dari pembinaan teritorial, Kodim 1203/ktp dengan pemerintah daerah,”Ujar Dandim.

Mengahiri sambutannya, Dandim mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara serta semua pihak yang telah mendukung, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Unsur Forkopimda Ketapang, Pimpinan OPD Ketapang, Ketua DAD Kabupaten Ketapang, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat.***(jk)

(Pendim 1203)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page