Scroll untuk baca artikel
Example 325x300


Tanjung Enim

*Dorong Kemandirian Ekonomi Masyarakat, PLN NP UPK Bukit Asam Bantu Mesin Cetak Paving Blok dan Batako*

1521
×

*Dorong Kemandirian Ekonomi Masyarakat, PLN NP UPK Bukit Asam Bantu Mesin Cetak Paving Blok dan Batako*

Sebarkan artikel ini




Tanjung Enim – IntensNews.co.id- 14 Maret 2023. PT PLN Nusantara Power Unit Pelaksana Pembangkitan Bukit Asam (PLN NP UPK Bukit Asam) melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) program bantuan peralatan dan Mesin cetak Pembuatan Paving Blok dan Batako Pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) kepada Karang Taruna Lawang Kidul dan Bumdes Mandiri Jaya desa Tajung Raga, Kabupaten Muara Enim. Program ini merupakan program CSR PLN Peduli by PLN Nusantara Power untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar UPK Bukit Asam.

Penyerahan tersebut dilaksanakan oleh Manager UPK Bukit Asam, Ince Anjas yang disaksikan oleh Veronica Agustine Lupitasari selaku Manager Perencanaan dan Monitorin Pemanfaata FABA PLN (Persero), perwakilan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Letkol Arimbah Anuar selaku Dandim 0404 Muara Enim, serta stakeholder lainnya.

banner 300x555

Bantuan 2 (dua) unit Mesin cetak Paving blok dan batako diserahkan secara Simbolis dari Manager PLN NP UPK Bukit Asam, Bapak Ince Anjas kepada Karang Taruna Kecamatan Lawang kidul dan BUMDES Mandiri Jaya Desa Tanjung Raja, sedangkan untuk Bantuan dari Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Muara Enim, Pondok Pesantren Al Hijrah dan Pondok pesantren Madrastul Qur’an.

Ince Anjas menyampaikan pentingnya sinergi antar instansi dalam pengembangan ekonomi masyarakat. “Pengelolaan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) saat ini belum dikenal secara luas, padahal pengelolaan FABA menyimpan berbagai potensi yang dapat digunakan untuk menaikkan perekonomian. Harapan kami, melalui program CSR ini kami dapat berkontribusi dalam memutar roda perekonomian di sekitar kami” terang Ince.

Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmad Usmawi Kaffah, S.H.LLM.(Bham),LL.M(Abdn).,PhD. yang diwakilkan oleh Desi Arisanti dari dinas Perdagangan Muara Enim menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kontribusi PLN NP UPK Bukit Asam dalam upayanya membantu masyarakat di sekitarnya. Menurutnya, hal ini sudah seharusnya menjadi percontohan bagi BUMN atau perusahaan lainnya agar terdorong menerapkan program serupa.

“Saya mewakili Bupati dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak PT PLN Nusantara Power UPK Bukit Asam atas sumbangsihnya berupa mesin cetak paving blok dan batako ini. Saya berharap agar program ini dapat dijadikan program percontohan agar semakin banyak perusahaan yang tergerak”, ucapnya.

Fly Ash Bottom Ash (FABA) atau limbah sisa pembakaran batu bara, kini bisa dimanfaatkan menjadi produk-produk yang bermanfaat dan dapat mendukung pembangunan di suatu daerah. Salah satunya, yaitu pembuatan batako dari FABA yang dapat digunakan untuk membangun rumah.

Hal ini merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan pada tanggal 2 Februari 2021, yang menetapkan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) bukan lagi merupakan limbah Bahan Berbahaya dan beracun (B3).

Diharapkan dengan bantuan mesin paving blok dan batako ini akan dapat membawa kebermanfaatan dari segi ekonomi dengan membuka peluang usaha, serta pembangunan dan sosial dari sisi pemanfaatan hasil FABA

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *