Scroll untuk baca artikel
Example 325x300








Riau

Peringati Hari TBC, Polres Kuansing Gelar Sosialisasi Penyakit TBC dan Pengambilan Sampel Sputum

1376
×

Peringati Hari TBC, Polres Kuansing Gelar Sosialisasi Penyakit TBC dan Pengambilan Sampel Sputum

Sebarkan artikel ini
Example 728x250

Example 728x250

Example 728x250

TELUK KUANTAN, IntensNews.co.id | Dalam rangka memperingati hari tuberkulosis sedunia Polres Kuansing melakukan sosialisasi penyakit TBC dan pengambilan sampel sputum terhadap anggota Polres Kuansing pada Selasa (21/03/2023) pagi pukul 07.00 WIB di Mako Polres Kuansing.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, S.I.K., M.Si, serta turut dihadiri Kabag Ops Polres Kuansing, KOMPOL Henri Suparto, S.Sos, Kabag SDM Polres Kuansing, KOMPOL Hadi Purnama, S.IP, Kabag Log KOMPOL Samsir, Kasat Reskrim Polres Kuansing, AKP Linter Sihaloho, S.H., M.H., Para Perwira Polres Kuansing, Personil Polres Kuansing, Koordinator P3M Dinas Kesehatan Herlery R, SKM, M.Kes, Dokter Paru RSUD Teluk Kuantan dr. Suwandi,Sp.P, Kapus Kari Sdr Toni Afrison, Amd.Kep, Staf Dinas Kes Efis Indrani, SKM, Staf Dinas Kes Susi Eyento, Aman, PJ P2M Puskesmas Kari Nopirorita Suhprioni, amd. Keb dan Staf Sidokkes Polres Kuansing.

banner 300x555

Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Dr Suwandi, Sp.P dari RSUD Teluk Kuantan, menyampaikan “Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Kondisi ini dapat menyerang otak, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung dan tulang belakang. Namun, infeksi TBC paling sering menyerang paru-paru, ” Ucap Dr suwandi.

Dr Suwandi, Sp.P menyebutkan “Mycobacterium tuberculosis dapat menular lewat semburan air liur ketika pengidap TBC batuk, bersin, bicara, tertawa atau bernyanyi. Meskipun cara penularannya mirip dengan pilek atau flu, TBC tidak menular semudah itu. Kamu perlu berkontak dekat dengan pengidap TBC dalam waktu lama (beberapa jam) untuk bisa tertular penyakit ini, ”

“Kebanyakan orang yang terinfeksi dengan bakteri yang menyebabkan tuberkulosis tidak memiliki gejala. Ketika gejala memang terjadi, biasanya berupa batuk (kadang-kadang ada bercak darah), penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, dan demam, ” Jelas Dr suwandi.

Dr Suwandi, Sp.P mengajak kepada semua personil “Lakukan Pola hidup sehat baik di rumah maupun di lingkungan kerja sehingga kita bisa mencegah menularnya penyakit TBC, ” Pungkasnya.

Pada kesempatan itu Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, S.I.K, M.Si menyampaikan “Pengucapan hari TBC Sedunia oleh Kapolres dan seluruh personil dan mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menemukan kasus TBC sejak dini serta melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat, ” Pungkas Kapolres.

“Sosialisasi diakhiri dengan pengecekan sampel dahak personil polres kuansing. Adapun beberapa hal sebagai upaya pencegahan penularan TBC, diantaranya penggunaan masker, etika batuk, penerapan protokol kesehatan serta segara melakukan test dahak apa bila mengalami batuk, ” tutup AKBP Rendra mengakhiri keterangannya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *