Scroll untuk baca artikel
Example 325x300


Berita

Ziarah Kubur dan Balimau Kasi adalah Salah satu rutinitas Ritual Menyambut Bulan Suci Ramadhan Oleh Warga Ocu Kampung Baru

1526
×

Ziarah Kubur dan Balimau Kasi adalah Salah satu rutinitas Ritual Menyambut Bulan Suci Ramadhan Oleh Warga Ocu Kampung Baru

Sebarkan artikel ini




BENGKALIS, IntensNews.co.id | Bulan Ramadan atau bulan kedelapan dalam penanggalan hijriyah Islam dianggap sebagai bulan yang sakral. Pada bulan ini, umat Islam memulai puasa sebulan penuh hingga memasuki bulan Syawal. Bulan ini juga dipercaya melimpah berkah dan menjadi bulan dimana Alquran, Kitab Suci Umat Islam diturunkan.

​Dengan kesakralan yang demikian, tak heran kalau umat Muslim Kampung Baru selalu menyambut bulan ini dengan ragam persiapan, salah satu ritual yang kerap digelar adalah Balimau Kasai serta ziarah Kubur.

banner 300x555

Tradisi balimau dilestarikan oleh Orang Ocu Kampar, yang dikenal dengan nama balimau kasai. namun begitu juga dengan Warga ocu kampung baru, Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau

Balimau kasai adalah sebuah upacara tradisional yang istimewa bagi masyarakat khusunya ocu Desa Batang Duku untuk menyambut bulan suci ramadhan di setiap tahun nya.

Acara ini biasanya dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu sehari menjelang masuknya bulan puasa, upacara tradisional ini selain sebagai ungkapan rasa syukur, dan kegembiraan memasuki bulan puasa juga merupakan simbol penyucian diri. kali ini acara di selenggarakan selesai ba’dah dzuhur. “Jelas Kepala dusun Kampung Baru Rahmat.

 

Balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang di campur jeruk yang oleh masyarakat ocu Kampung baru sendiri disebut limau.

Jeruk yang biasa digunakan adalah jeruk purut, jeruk nipis, dan jeruk kapas. Sedangkan kasai adalah wewangian yang biasanya dipakai ke wajah dan tangan atau semacam lulur.

Bagi masyarakat Kampar pengharum badan ( kasai ) ini dipercayai dapat mengusir segala macam rasa dengki yang ada dalam kepala, sebelum memasuki bulan puasa. “tutup Rahmat.

Lebih lanjut ketua pemuda kampung baru Adriansyah mengatakan, orang Kampar yang ada di perantauan juga melestarikan tradisi ini. Orang Ocu, sapaan khas Orang Kampar.

menyelenggarakan tradisi Balimau Kasai menyambut Ramadhan 1444 Hijriyah tanggal 22 Maret 2022 di Dusun Kampung Baru.

Dengan kekompakan panitia kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan warga Dusun Kampung baru. “pungkas nya.

Kepala desa batang duku pada acara tersebut secara lansung menyapukan Limau Kasai kepada warganya yang telah di tunjuk pada acara tersebut secara simbolis.

Lansung di saksikan oleh ratusan pasang mata yang hadir pada acara tersebut. terutama, pemuka masyarakat desa batang duku serta para pemuda, orang tua anak anak yang turut hadir pada acara besar tersebut.

Jelas nampak kegembiraan dari raut warga ocu kampung baru dalam acara kegiatan ritual balimau Kasai menyambut bulan suci ramadhan. 1444 H 2023 M.

Namun kegiatan ini sebagai rutinitas warga ocu Dusun Kampung baru di setiap tahun nya ketika menyambut bulan ramadhan. sebelum balimau kita terlebih dahulu melakukan ziarah kubur kepada karib kerabat mereka yang meninggal.

Turut hadir pada acara tersebut Camat Bukit Batu Acil Esyeno, SSTP, Msi, Kades Batang Duku Sapri, Spd, Kepala dusun Kampung Baru Rahmat, Ketua pemuda Adriansyah, serta tokoh agama dan para pengunjung yang hadir.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *