Scroll untuk baca artikel
Example 325x300






Ketapang

KPU Ketapang Laksanakan Rapat Pleno Hasil Pileg 2024

114
×

KPU Ketapang Laksanakan Rapat Pleno Hasil Pileg 2024

Sebarkan artikel ini








Intensnews.co.id – Ketapang – Kalbar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat laksanakan Rapat PlenoTerbuka Penentapan Perolehan Kursi Calon Terpilin Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Ketapang Tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Mawar Borneo Emerald Hotel, beralamat di Jalan Dr. Soetomo Pada Kamis (13/6/2024) Pagi.

banner 300x555

Penetapan KPU Ketapang berdasarkan Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 920/PL.01.9-$0/05/2024 Tanggal 11 Juni 2024 yang menetapkan Kursi Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Pada acara tersebut KPU menyerahkan Berita Acara (BA) Pleno serta keputusan Ketua KPU Kabupaten Ketapang terkait penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anghota DPRD kabupaten ketapang periode 2024 – 2029 kepada Partai Politik dan Bawaslu kabupaten ketapang juga Forkopimda.

Saat Diwawancarai oleh awak media seusai rapat pleno, Ketua KPU Ketapang Ahmad Shiddiq melalui Komesioner KPU Ahmad Saufi menjelaskan bahwa pada Pileg pada Pebuari lalu untuk di ketapang ada 7 daerah pemilihan, dari 7 dapil tersebut maka untuk jumlah kursi DPRD berjumlah 45 kursi.

“Untuk dapil I ada 10 kursi, dapil II ada 5 kursi, dapil III ada 7 kursi, dapil IV ada 6 kursi, dapil V ada 5 kursi, dapil VI ada 5 kursi dan dapil VII ada 7 kirsi” Terang Saufi.

Sambung Ahmad Saufi ” Sedangkan untuk partai politik hasil pemilu waktu itu mendapat kursi terbanyak yaitu pertama Partai Golkar memperoleh 9 kursi, partai Gerindra 8 kursi, PDIP 8 kursi, Nasdem 5 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, Partai Hanura 3 kursi, PKB 2 kursi, PKS 2 kursi, PAN 2 kursi dan terakhir PPP 1 kursi” Paparnya

Selain itu ahmad Saufi juga mengatakan jika mulai dari pasca pemilu hingga rapat pleno penetapan KPU sudah banyak melakukan tahapan, salah satunya ialah sosialisasi dan kampanye mencerdaskan pemilih pada masyarakat umum, bertujuan meningkatkan partisifasi pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Dengan tahapan tahapan tadi kita liat partisipasi masyarakat datang ke TPS itu diatas 70 persen” Pungkas Ahmad Saufi.
Tapat eno hari ini dihadiri oleh Ketua KPU ketapang, komisio er KPU ketapang, Bawaslu, perwakilan Forkopimda ketapang, perwakilan partai politik beserta tamu undangan lainnya.***(joko Lelono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *