banner 728x250
Riau  

Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia , Peringatan Hari Lehir Pancasila 1 Juni Tahun 2022

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Intensnewa.co.id – Pekanbaru. Awal mula 1 Juni diperingati sebagai Hari lahir Pancasila ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Pidatonya pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

banner 728x250  
banner 728x250  
banner 728x250  

Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila I Juni 2022, Presiden Republik Indonesia melakukan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang terpusat dikota ND Nusa Tenggara Timur. Terkhusus Lapas Kelas IIA Pekanbaru, seluruh pegawai mengikuti kegiatan upacara secara online dirumah dengan mengikuti Live streaming baik melalui Televisi maupun laman youtube BPIP. Dalam pelaksanaan upaca ini, seluruh pegawai diwajibkan menggunakan pakaian adat daerah masing-masing

Pada kesempatan ini, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila bukan hanya mempersatukan kita semua, pancasila juga menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian dengan dibuktikan dengan bangsa Indonesia sampai saat ini bisa berdiri kokoh menjadi Negara yang kuat dengan berlandaskan pancasila.

“Saya mengingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan pancasila dan memperjuangkan pancasila, kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita. Serta mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antar sesame anak bangsa. Inilah tugas kita bersama menjadikan pancasila sebagai idiologi yang bekerja yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah Indonesia ” ucap Joko Widodo saat pidato

Hari Lahir Pancasila tahun 2022 mengangkat tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” dengan harapan di masa Pandemi Covid-19 yang sudah semakin membaik ini seluruh rakyat Indonesia bisa terus bangkit dan bergotong royong membangun peradaban Dunia dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila .

Sumber Lapas kelas Pekanbaru .
Editor Sabam Tanjung/Sri

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You cannot copy content of this page